Friday, October 5, 2012

live here like that

Tinggal di negara orang ada enak dan nggak nya
ha ciieee (hahahaha di postingan kemarin segitu gembiranya finally bisa kerja dan tinggal di sinjiapo, labil? bukan kok, tenang aja, ayke masih bahagia dan senang sentosa disini, its just sharing ;) well sapa tau ada yang baca postingan ini dan tertarik hahahahaa *ada gitu yang baca* :p)

1. yang penting siap!
yuppa harus siap lahir batin dah, waktu pertama kali pindah kesini duit tabungan eyke bener2 terkuras :o mlongo, well dalam kasus ku sih terkurasnya bukan buat tinggal disini *hahahahah* tapi buat nikahan nah lho nah lho crita apa lagi ini? hahahhaha, jadi gini sodara-sodara, as my previous post aku pindah ke sini kan dalam rangka mau menikah sama si mas, nah nikahan kita itu sebenernya besok november (hiks ini udah H-5weeks, paniiic) nah pas aku kudu pindah sinjiapo juga dan harus bayar semua urusan nikahan juga, matilah eyke, trus diskusi sama mas beberapa lama, diputuskan kalo biaya sebulan pertama eyke di sinjiapo (yang gedenya hampir setengah biaya nikahan itu *lebay.com) ditanggung mas dulu, yiipppiiieee. but lets break down my first month expenses

  • rumah alias kamar, sebaiknya yang satu ini disiapkan jauh jauh haru sebelum hari keberangkatan, kalau bisa yaaa, udah tau mau tinggal dimana pas kamu nyampe. Biaya rumah di sini cukup variatif berkisar 350 (yang ini sharing kamar dan pasti jauh pula dari kota atau jauh dari public transportation ) sampai 800 ( kalau ini cukupanlah, deket kota deket public transport, ples sekamar sendiri ), ada juga yang 900-1200 but well hahahha thats not my type *kere mode on* . urusan rumah ini nggak berakhir di harga aja, kalau mau sewa disini harus tau juga bakal tinggal sama sapa, harus yakin juga bakal kayak apa gaya hidupnya, secara satu rumah dibagi buat banyak manusia, beda kebiasaan bisa bikin perang atau at least kayak eyke *gerah* hahahahaha. tinggal sama owner beda lagi, biasanya lebih ribet kalo tinggal sama owner tapi lebih aman :) . oh iya kalau kamu sewa kamar di singapore itu kamu harus bayar deposit yang besarnya 1 atau 2 bulan sewa, in my case 2 bulan, stress nggak tuh, baru dateng kudu nyiapin duit 1500 sgd :o mana kurs nya lagi gilak pula, heuuuuuu. trus ada yang namanya PUB (ini air + listrik ) besarnya variatif, in my case 55an lah sebulan dan internet wifi an di rumah ini 15 doler sebulan.
  • transport, yang ini mau nggak mau juga harus siap, puji syukur alhamdulillah, transport di sini gampang dan murah (gak kayak di Bali yang susyeeehh nya ampun dah) tapi tetep ajah seminggu bisa habis 20sgd. nah ini tricky lagi, kalau km mau biaya transport murah tinggallah di kota itu bikin biaya sewa mahal, tapi kalau kayak eyke yang tiap pagi kudu spare waktu 45 menit buat ngantor, biaya transportnya jadi agak lebih mahal. pilihan ya kan? ;)
  • internet dan telepon, penting ini secara kamu harus keep kontak dengan teman-teman senasib sepenanggungan disini (yang bisa berujung makan ditraktir, makasihhh yaaaa teman2 kecup mesra :*) dan untuk keep kontak sama orang rumah. besarnya biaya sekitar 50sgd lah ya
  • makan + camilan, hahahhaha kalau yang camilan sih eyke aja yang dari dulu doyan ngemil, OMG inget lemak leeemaaaakkk *pukul2 lantai*biaya makan disini bisa dibilang mahal bisa juga nggak, (soalnya ya bok, baru tahu eyke kalau biaya makan di djekardah segitu an juga, alamak, bersyukur eyke nggak kerja di jakartah, ntar deh ayeke critain di next post ) sekali makan sekitar 7-8 doler (yang mahal ) 4-5 doler (irit ) 2 doler (ini eyke banget, nggak pake minum, bawa air mineral kemana2, hahahahaha)
hmmm, kayaknya thats all ya, buat expenses nya

2. pede, hahahha ini harus banget, pede dan nggak tau malu, lupain aja kalo kita tinggal di negara orang, well kita harus bisa ngerasa tempat ini udah kayak rumah sendiri, kendala utamaku adalah komunikasi, ayke kan orangnya pemalu *dijotos rame2* jadi susah adaptasi, believe me or not, my first week here aku jarang banget ngomong, hihihihi, alhamdulillah sekarang udah jauh lebih baik :)

3. atur waktu, time flies here, gilak baru sekarang ngerasain tempayt dimana waktu bergerak lebih cepat dari normal, nggak kerasa bok ngapa2in, sebulan disini masih adaptasi sama perbedaan kecepatan waktu bergerak, sekarang feel better, udah bisa napas, tapi kudu ngatur lagi, jadwal ibadahnya masih kacau hahahahhaha

4. selesaiin semua urusan di indo, mulai dari ktp, utang (kalau ada) and many2 other legal thing lah, yang menurutku walaupun agak nggak penting *penganut asas golput* tapi ya nggak ada salahnya dilakukan, ribet? iya, berguna? nggak terlalu. tapi well berusaha jadi warga negara yang baik sekali2 nggak apa2 kan ya? hehehehehe, sapa tau beberapa tahun lagi bukan warga negara *lho* hahahhaha *tonjok*

5. oh iya lupa nggak kesebut, begitu nyampe jangan lupa beli katu perdana disini, 12 doler aja untuk si**tel

thats all i think., apalagi ya? oh iya lupa pengurusan ijin kerja, tapi ya secara ijin kerja itu diurusin sama kantor tempat kamu diterima, jadi bukan kita yang kudu ribet juga. hehehee. Tugas kita cuma banyak2 berdoa dan minta doa dari orang2 biar ijin kerja nya lolos. AAAmmmmiiinnn. :) 

Yup, secara garis besar, menyenangkan kok tinggal di negara orang, semoga berguna informasinya

No comments: